EnglishFrenchGermanItalianSpanish Seleksi Penerimaan Calon Direktur BUMD Tuah Sekata 2018 •  Segenap Jajaran Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H, Taqaballahu minna waminkum •  Perbup Tentang Perlindungan Anak •  Penerima Dana Hibah Oktober - Desember 2017 •  Penerima Dana Bansos Oktober - Desember 2017 •  Kompilasi Realisasi Dana Bansos Selama Tahun 2017 •  Kompilasi Realisasi Dana Hibah Selama Tahun 2017 •  Menuju 100% Penggunaan Aplikasi SPSE Versi 4 •  SK PPID Kabupaten Pelalawan 2017 •  LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2014 AUDITED •  Pengumuman Seleksi Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM •  Himbauan kepada setiap pemilik bangunan dan dunia usaha untuk melengkapi perizinan Mendirikan Bangunan sesuai ketentuan berlaku. • 
Hari Anti Korupsi Internasional Ucapan Selamat Atas Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2016 s/d 2021 Ruang Publik Kreatif Pangkalan Kerinci Kantor Bupati Pelalawan dari ketinggian

Tradisi Mandi Balimau Sultan Kazanah Budaya Masyarakat Pelalawan Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Sumber : Diskominfo Kab.Pelalawan

Rabu, 9 Mei 2018 - Berita Daerah

Sultan Pelalawan, Assyaidis Syarif Kamaruddin Haroen melakukan prosesi penyiraman mandi balimau. Rabu (09/05)

Sebelum di mulainya ritual potang mogang di seluruh bagian wilayah Kabupaten Pelalawan, prosesi tradisi ritual ini dimulai dari tanah bersejarah, tempat berdirinya kerajaan Pelalawan yakni Istana Sayap di Kelurahan Pelalawan kecamatan Pelalawan , masyarakat setempat mengenalnya dengan nama Mandi Balimau Sultan. Bertempat di Kawasan Istana Sayap Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau. Rabu (09/05)

Rangkaian acara yang dimulai dengan arak arakan pengawal kerajaan dimana raja pewaris kerajaan pelalawan yakni Sultan Pelalawan, Assyaidis Syarif Kamaruddin Haroen memulai kegiatan dengan mengambil wudhu di kolam sungai nago yang merupakan kolam yang dipakai oleh para raja kerajaan pelalawan kemudian dilanjutkan dengan shalat zuhur berjamaah. Usai menunaikan salat zuhur berjamaah, kemudian dilanjutkan ziarah makam raja-raja Pelalawan tepatnya di belakang Masjid Hibbah.

 Ziarah dipimpin langsung oleh Sultan Pelalawan. Pada kesempatan itu sultan mengajak seluruh peziarah untuk sering melakukan ziarah dan membaca surat yasin, selalu beribadah, menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

Usai memberikan tauziah, Sultan Pelalawan memimpin jalannya tahlil dan pembacaan doa. Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang diwakili oleh Wakil Bupati H.Zardewan turut hadir dalam kegiatan prosesi mandi balimau sultan. Usai melaksanakan shalat zuhur dan ziarah kemakan raja pelalawan Sultan Pelalawan, Assyaidis Syarif Kamaruddin Haroen memimpin dan menjamu makan siang Wakil Bupati H.Zardewan, Ketua Lembaga Adat Melayu Pesisir, Ketua Lembaga Adat Melayu Petalangan, Tokoh Lembaga Adat,Paguyuban,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat,Kepala OPD,Pemangku adat ,ninik, mamak , Camat Djoko Purnomo beserta perangkat desa dan kelurahan, masyarakat yang hadir dalam prosesi kegiatan budaya yang menjadi tradisi turun temurun dari Kerajaan Pelalawan yang berdiri di negeri amanah yang memiliki semboyan Tuah Negeri Seiya Sekata..

Mengakhiri ritual mandi balimau sultan diakhiri dengan prosesi penyiraman mandi balimau yang langsung dipimpin oleh sultan pelalawan , Assyaidis Syarif Kamaruddin Haroen . Menurut penghulu koto pelalawan sekaligus ketua panitia Edi Hanafi mandi balimau sultan adalah tradisi turun temurun dari para leluhur kerajaan pelalawan yang pernah berdiri di Kabupaten Pelalawan ini dimana Istana Sayap Pelalawan merupakan situs peninggalan kerajaan yang masih berdiri megah, kegiatan ini harus dimulai terlebih dahulu dari daerah lainnya karena pelalawan adalah salah satu negeri yang memiliki kerajaan yang besar di wilayah nusantara Indonesia.

Sementara itu Wabup H.Zardewan mengatakan melalui momen kegiatan ini mengajak segenap yang hadir dalam prosesi kegiatan mandi balimau sultan sebagai pembersihan diri sebelum masuknya bulan suci ramadhan 1439 H, selain itu mantan sekda ini menghimbau agar senantiasa meningkatkan iman dan ibadah selama bulan suci ramadhan. Ia melanjutkan keprihatinannya terhadap makam para raja pelalawan yang tidak begitu baik, untuk kedepannya menjadi perhatian bersama untuk perawatan dan pengoptimalan makam para raja yang berada dalam kawasan Istana Sayap. (rls/ryan)

BERITA LAIN

Komentar Pembaca

0 Komentar

Posting Komentar

  Nama
  Email
  Website
  Pesan
  Kode Verifikiasi