Asap di Pelalawan, Bupati Harris Himbau Agar Kurangi Aktivitas di Luar Rumah.

Bupati Harris saat melakukan pemadaman api beberapa waktu yang lalu di Kecamatan Langgam.

Pelalawan,Infopublik – Menyikapi permasalahan kabut dan asap akibat dari dampak kebakaran hutan dan lahan  (Karhutla) di wilayah Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau, sampai hari ini sudah 721 orang terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISP ), berdasarkan sumber dan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan. Atas kondisi tersebut, Bupati H.M.Harris menghimbau masyarakat terutama anak –anak sekolah, serta kelompok masyarakat yang rentan, seperti lansia dan ibu hamil, untuk mengurangi kegiatan di luar rumah.

Pemerintah Daerah disamping aktif melakukan koordinasi pemadaman api, bahu membahu bersama TNI/Polri, perusahaan,berbagai organisasi dan kelompok masyarakat  juga mengantisipasi dampak kabut asap tersebut, melalui pembagian masker, membuat posko kesehatan di setiap puskesmas, termasuk penyuluhan terhadap kelompok masyarakat yang rentan, sebagaimana yang disampaikan Bupati Harris saat di wawancarai Media Center Pelalawan melalui saluran telepon di Pangkalan Kerinci. Kamis (01/08).

“ Anak anak kami yang bersekolah melihat perkembangan kondisi kabut dan asap yang terjadi, kami harapkan tidak banyak untuk melakukan aktivitas dan kegiatan di luar rumah,untuk kegiatan diluar jam belajar dan mengajar agar di kurangi terutama juga kepada para guru supaya lebih banyak melakukan aktivitas di dalam kelas.” Jelas Harris.

Disamping itu juga Bupati Pelalawan dua periode ini menambahkan apabila kondisi semakin memburuk, Pemerintah Daerah akan mempertimbangkan meliburkan untuk jangka waktu tertentu. Tentu saja keputusan tersebut akan di ambil dengan memperhatikan pertimbangan instansi teknis terkait. Sementara itu juga kepada tenaga medis dan kesehatan Bupati Harris harapkan agar untuk selalu memantau dan stanby di tempat bertugas karena pelayanan masyarakat melihat kondisi sekarang sangat penting

 “ Tenaga medis dan kesehatan yang bertugas di rumah sakit serta puskesmas agar selalu stanby dan memantau kondisi masyarakat kita yang terkena dampak dari kabut dan asap ini, kalau perlu jemput bola berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tegas Harris.( MC Pelalawan/ryan)

 

 

 

Sumber : Diskominfo Kab.Pelalawan

 

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Berita Lainnya