Bupati Harris Lantik Kepengurusan Forikan Kabupaten Pelalawan

Bupati Harris saat melantik kepengurusan forum peningkatan konsumsi ikan nasional (Forikan) Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau periode 2019-2022 bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci. Rabu (31/07)

Pelalawan,Infopublik-  Guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas melalui peningkatan konsumsi ikan dimasyarakat, Bupati Pelalawan HM Harris melantik kepengurusan forum peningkatan konsumsi ikan nasional (Forikan) Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau periode 2019-2022 bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci. Rabu (31/07)

Forikan dibentuk untuk menyatukan gerak langkah semua unsur baik pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk menyukseskan gerakan memasyarakatkan ikan. Selain dilakukan pengukuhan, digelar juga lomba memasak serba ikan dan mewarnai anak-anak.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Ir Herman Mahmud MSi, Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris, Staff Bupati bidang Hukum dan Politik Amri Fuad, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pelalawan Ir Tengku Wahiduddin, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Pelalawan, seluruh camat se Kabupaten Pelalawan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat.

Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, bahwa upaya peningkatan konsumsi ikan nasional tidak hanya tugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Dinas Perikanan dan Kelautan sebagai instansi teknis yang membidangi kelautan dan perikanan, namun juga menjadi tugas bersama dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Peningkata konsumsi ikan masyarakat terus dilakukan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) seperti lomba masak serba ikan.

” Forum peningkatan Forikan Kabupaten Pelalawan dibentuk dalam rangka menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur yang terkait serra pertanggungjawaban terhadap suksesnya gerakan konsumsi ikan di Kabupaten Pelalawan. Pembentukan forum peningkatan konsumsi ikan, saya harapkan dapat mendorong terciptanya upaya-upaya peningkatan konsumsi ikan yang pada akhirnya mengubah pola pikir masyarakat dan perilaku masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang memadai,”terangnya.

HM Harris menambahkan, bahwa dalam gerakan ini, saya berpesan yang dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan juga menumbuhkan kreatifitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner.

” Dalam rangka mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan masyarakat, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menginisiasi gemarikan. Kita sangat mendukung kegiatan tersebut menyelenggarakan lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Pelalawan setiap tahun. Kegiatan ini bertujuan mendorong meningkatkan konsumsi ikan keluarga dan masyarakat,”ujarnya.Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pelalawan Ir Tengku Wahiduddin mengatakan, bahwa tujuan pengukuhan Forikan Kabupaten Pelalawan adalah untuk meningkatkan konsumsi makan ikan bagi warga Pelalawan yang menurutnya telah mencapai 42,13 Kg per kapita pertahunnya. Selain pengukuhan, pihaknya juga menggelar lomba masak serba dan mewarnai. Tema acara ini  Ragam menu masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak.

” Untuk itu FORIKAN dikukuhkan dengan harapan menjadi gerbong penggerak dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan Nasional dan menjadi ujung tombak gerakan memasyarakatkan makan ikan,sehingga tercapai tujuan meningkatkan kualitas generasi bangsa,”tutupnya.(MC Pelalawan/mella/ryan)

 

 

 

Sumber : Diskominfo Kab.Pelalawan

 

 

 

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Berita Lainnya