Bupati Harris : Reformasi Tata Kelola Koperasi Dalam Menuju Revolusi Industri 4.0

Bupati Harris menyerahkan piagam penghargaan kepada koperasi berprestasi tingkat nasional tahun 2019 yaitu KUD Bina Sejahtera dari Kecamatan Ukui dan peninjauan stand UMKM dengan rangkaian kegiatan yang berlangsung meriah.Rabu (04/09)

Pelalawan,Infopublik- Bupati Pelalawan H.M.Harris membuka secara resmi Peringatan Hari Koperasi Tingkat Kabupaten Pelalawan yang Ke- 72 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Pelalawan.

Berlangsung di Halaman Kantor Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Pelalawan Propinsi Riau.Rabu (04/09).

Adapun tema dalam peringatan koperasi pada tahun ini adalah Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati H.Zardewan, Wakil Ketua Dewan Koperasi Indonesia Kabupaten Pelalawan (Dekofinda) Sugimin,Kabid Kelembagaan Koperasi Dinas Perdagangan,Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Propinsi Riau Irianto,Asisten Bupati Bidang Pembangunan H.Atmonadi,Kepala Dinas Koperasi,UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pelalawan H.Fakhrizal,Kepala Bappeda Pelalawan H. Syahrul M.Syarif,Kepala Dinas Perhubungan Syafruddin,Kepala Dinas Perkebunan Mazrun,Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial H.Tengku Mukhtaruddin, Plt.Kadiskominfo Hendri Gunawan,Plt.Kadis Pemberdayaan Perempuan dan KB Dahnil, Para Camat dan Pengurus Koperasi se Kabupaten Pelalawan.

Bupati Harris dalam sambutannya saat membacakan pidato Menteri Koperasi dan UKM Puspa Yoga mengatakan bahwa koperasi indonesia harus memiliki bekal dan harus bisa menyikapi perkembangan informasi dan teknologi. Tantangan baru koperasi saat ini bukan mengubah cara berbisnis tapi juga menyangkut masalah mindset dan perubahan tata kelola sistem sehingga mengharuskan adanya reformasi total koperasi saat ini dalam menghadapi persaingan industri 4.0 salah satunya melalui transaksi E-Commerce dalam melakukan perdagangan dan industri.

Bupati Pelalawan dua periode ini juga mengharapkan koperasi bisa merekrut kaum milenial dalam meningkatkan mutu koperasi. Kita berharap adanya gerakan koperasi dalam menghadapi persaingan bersama  industri lainnya.

Mantan Ketua Adkasi ini menambahkan dengan torehan banyak prestasi koperasi di Pelalawan kedepan koperasi segera untuk mempersiapkan diri dalam persaingan ekonomi dari negara lain di mana kita melepaskan diri dari ketergantungan ekonomi dengan negara lain. Di Tahun 2020 nantinya Koperasi di Pelalawan akan bekerjasama dengan BUMN sehingga kita bisa lepas dalam ketergantungan ekonomi bersama dengan negara lain.

Dalam rangkaian kegiatan ini Bupati Harris juga menyerahkan piagam penghargaan  kepada koperasi berprestasi tingkat nasional tahun 2019 yaitu KUD Bina Sejahtera dari Kecamatan Ukui dan peninjauan stand UMKM dengan rangkaian kegiatan yang berlangsung meriah.

Sementara itu di tempat terpisah usai pembukaan acara Kepala Dinas Koperasi,UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pelalawan H.Fakhrizal mengatakan segera menindaklanjuti dimana Dinas yang dipimpinnya saat ini akan memperkuat kelembagaan koperasi menuju koperasi yang aktif, sehat dan mandiri, memperkuat pembinaan dan pendampingan agar pengurus koperasi melakukan rapat anggota setiap tahunnya dan tepat waktu, memfasilitasi agar koperasi mendapatkan nomor induk koperasi atau NIK serta terus melakukan sosialisasi dan pelatihan. (MC Pelalawan /ryan)

 

 

 

Sumber : Diskominfo Kab.Pelalawan

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Berita Lainnya