Wabup H.Zardewan Resmikan Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan di Ukui

Wakil Bupati H.Zardewan saat meresmikan Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan (Sustainable Palm Oil Initiative/SPOI) di Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan, Riau. Rabu (24/04).

Ukui  – Wakil Bupati Pelalawan H.Zardewan  meresmikan Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan (Sustainable Palm Oil Initiative/SPOI)  di Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan, Riau. Rabu (24/04).
Program tersebut merupakan hasil kerja sama antara Tanoto Foundation, Asian Agri, dan United Nations Development Programme (UNDP) dalam membantu petani plasma dan swadaya untuk dapat mengelola kebun kelapa sawit secara berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup, serta mendorong mereka untuk mendapatkan Sertifikasi Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Indonesian Sustainable Palm Oil/ISPO).

Dalam sambutannya Wabup H.Zardewan  menyambut baik pusat unggulan yang memberikan dukungan terhadap petani dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan terbantunya petani plasma dan swadaya kelapa sawit dalam mengelola kebunnya, produktivitas mereka tentu semakin meningkat, dan ini berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pelalawan.

Mantan Sekda Kabupaten Pelalawan ini juga  mengharapkan kepada para petani kelapa sawit untuk dapat memanfaatkan Centre Of Excellence  sebagai wadah pengembangan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, mulai dari penentuan bibit yang baik, penanaman, dan pemupukan sampai pemetikan hasilnya. Jadi petani yang ada di kabupaten pelalawan khususnya dapat datang ketempat ini secara kelompok guna mendapatkan informasi bagaimana cara pengelolaan kelapa sawit berkelanjutan serta proses sertifikasinya. Dan jangan sampai setelah di dirikan dan di resmikan tempat ini tidak dimanfaatkan dengan baik karena jika pengelolanya baik maka hasilnya juga akan baik.
Sementara itu juga Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan yang telah berjalan sejak 2017 merupakan wadah informasi dan pelatihan terkait pengelolaan kebun kelapa sawit berkelanjutan meliputi penyediaan informasi dan pelatihan teknis budidaya, serta pengenalan sistem sertifikasi ISPO. Program ini berlokasi di Kecamatan Ukui, yaitu di wilayah kerja PT. Inti Indosawit Subur (Asian Agri Group) dengan membina petani yang tergabung dalam KUD Bukit Potalo dan  Asosiasi Amanah.

“Kolaborasi melalui Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan ini merupakan kemitraan strategis para pemangku kepentingan kelapa sawit di Indonesia. Kami memiliki tujuan yang sejalan, yakni nemastikan pengelolaan kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia, sekaligus meningkatkan kehidupan petani dari sisi ekonomi, sosial budaya, dan kualitas lingkungan hidup. Dengan demikian, bersama dengan mitra petani, kita akan  meningkatkan daya saing kelapa sawit Indonesia,” kata Maria Sidabutar, Kepala Komunikasi Perusahaan Asian Agri.
Tanoto Foundation mendukung perbaikan taraf hidup petani kelapa sawit karena sejalan dengan keyakinan pendirinya Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh. Dukungan ini juga merefleksikan komitmen Tanoto Foundation dalam meningkatkan sumber daya manusia dan menanggulangi kemiskinan di Indonesia, selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Pendidikan berkualitas merupakan salah satu faktor kunci dalam menanggulangi kemiskinan, karena kami percaya bahwa pendidikan berkualitas mempercepat munculnya kesetaraan peluang.  Pusat Unggulan ini merupakan wadah pembelajaran bagi petani kelapa sawit sehingga mereka bisa saling belajar dan mereplikasi praktik-praktik keberlanjutan yang telah diraih petani lain yang sudah sukses,” kata CEO Global Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo.

Pada kesempatan tersebut  Wakil Bupati juga mengucapkan Apresiasi dan selamat atas diperolehnya sertifikat ISPO yang diraih oleh Asosiasi Swadaya Amanah pada bulan April 2017 dan KUD Bukit Petalo Desa Ukui Dua pada Bulan Desember Tahun 2018.

Hadir dalam  tersebut Global CEO Tanoto Foundation  Satrio Tanojoyo, Kepala Sekretariat Komisi ISPO Ir. R Aziz Hidayat MM, Inisiator Agribusinis for SDGS dan Guru Besar Institut Pertanian Bogor  Dr Bayu Krisna murti, MS, Head of Corporate Communication Asian Agri Maria Sidabutar, Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan M. Syahrul Syarif,M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM  Fakhrizal, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syamsul Anwar,M.Si, Kadis Tenaga Kerja Drs. Abdul Rahman, Camat Ukui  Amri Juharza, S.Kom,  Manajemen Asian Agri, Ketua Koperasi se Kecamatan Ukui . (rls/syam/ryan)

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Berita Lainnya