Kependudukan

Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Kabupaten Pelalawan tahun 2013 adalah 386.428 jiwa. Terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 203.683 jiwa dan perempuan 182.745 jiwa yang tersebar di 12 kecamatan dengan penduduk terbanyak ada di Pangkalan Kerinci yaitu 101.268 jiwa dan terendah di Bandar Petalangan 14.604 jiwa.


Laju Pertumbuhan Penduduk

Laju pertumbuhan penduduk menunjukkan rata-rata penambahan penduduk pada satu wilayah dan periode tertentu. Laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Pelalawan tahun 2013 cukup tinggi 6,71 persen. Tingginya angka pertumbuhan penduduk ini selain dikarenakan tingkat kelahiran yang tinggi juga karena tingginya jumlah pendatang dari luar wilayah Pelalawan terkait dengan penyerapan tenaga kerja di sektor industri pengolahan dan perkebunan.


Sex Ratio

Sex ratio merupakan ukuran yang menggambarkan perbandingan jumlah penduduk lakilaki terhadap penduduk perempuan, biasanya dinyatakan dengan jumlah penduduk laki-laki untuk 100 penduduk perempuan. Ukuran ini bermanfaat untuk mengetahui konsistensi jenis kelamin dan adanya pengaruh migrasi atau wilayah pemukiman dengan karakteristik tertentu. Sex Ratio Kabupaten Pelalawan di tahun 2013 adalah 111. Ini menandakan jumlah penduduk laki-laki lebih dominan dibandingkan perempuan.


Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk menunjukkan perbandingan jumlah penduduk dengan luas wilayah. Secara umum tingkat kepadatan penduduk di Kabupaten Pelalawan 28 jiwa per km².Kecamatan dengan tingkat kepadatan tertinggi adalah Kecamatan Pangkalan Kerinci 523 jiwa per km².Sedangkan kepadatan terendah di Kecamatan Teluk Meranti, 4 jiwa per km².


Pendidikan dan Budaya

Tahun 2013, jumlah bangunan sekolah negeri yaitu Sekolah Dasar 201 unit, SLTP 47 unit dan SMU/SMK 27 unit. Sedangkan jumlah kelas sebanyak 1.606 kelas untuk SD, 326 untuk SLTP dan 316 untuk SMU/SMK. Rasio murid-guru merupakan gambaran perbandingan antara jumlah murid dengan guru yang tersedia. Semakin kecil angka rasio menunjukkan beban guru terhadap murid binaannya semakin ringan. Secara umum rasio murid-guru berturut-turut, untuk SD 16, SLTP 13 dan SMU/SMK 9. Wisata budaya menjadi salah satu unggulan sektor pariwisata di Pelalawan.Beberapa diantaranya adalah Istana Sayap di Kecamatan Pelalawan dan makam-makam bersejarah yang tersebar di hampir seluruh kecamatan.Selain itu juga balai adat serta benda-benda bersejarah lainnya.


Kesehatan

Pembangunan kesehatan bertujuan agar semua lapisan 4.2 Health Development in the health sector aims to mak eal llevels of society to Pelalawan Dalam Angka 2014 63 masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang mudah, murah dan merata. Dengan meningkatkan pelayanan ini diharapkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Upaya yang dilakukan pemerintah seperti penyediaan fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, penggalakan program KB. Adapun sarana kesehatan yang ada di Pelalawan tahun 2013 adalah, rumah sakit 4 unit, praktek dokter 65 unit, praktek dokter gigi 15 unit, dan balai pengobatan 15 unit. di samping itu, tersedia pula puskesmas 12 unit, puskesmas pembantu 38 unit, poskesdes/ polindes 76 unit serta posyandu 340 unit. Jumlah bidan yang terdaftar sebanyak 263 orang.Sehingga rasio ketersediaan bidan terhadap penduduk adalah 1.469 penduduk per satu orang bidan. Realisasi keluarga berencana tahun 2013 mencapai angka 53,70 persen terhadap pasangan usia subur. Keberhasilan program keluarga berencana diharapkan mampu menekan laju pertumbuhan penduduk yang mencapai 6,71 persen.


Peradilan

Data kejahatan merupakan salah satu data yang disajikan dalam bab ini. Total selama tahun 2013 terjadi 134 tindak kejahatan. Kasus kejahatan tertinggi adalah pencurian dengan jumlah kasus mencapai 55. Kasus lainnya yang tergolong tinggi yaitu penganiayaan 53 kasus dan curanmor 21 kasus. Kasus kecelakaan menurun dibandingkan tahun 2012. Selama tahun 2013 terjadi 134 buah kasus kecelakaan dengan korban 55 orang meninggal, 85 luka berat dan 132 orang luka ringan. Angka ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 201 kasus kecelakaan.


Agama

Rumah ibadah dibangun dalam rangka memfasilitasi aktivitas keagamaan masing-masing umat bergama. Jumlah masjid mencapai 410 unit, mushalla 691 unit dan gereja 92 unit.

Sumber : Bappeda Kabupaten Pelalawan Bekerjasama Dengan BPS Kabupaten Pelalawan ( Pelalawan Dalam Angka Tahun 2014 )

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Berita Lainnya :