HIMBAUAN BUPATI PELALAWAN

Nomor 451.13/KESRA/2019/38

TENTANG KEGIATAN BULAN SUCI RAMADHAN 1440 H

Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 1440 H, dan untuk menjaga kesucian bulan Ramadhan, dihimbau kepada masyarakat Kabupaten Pelalawan sebagai berikut :

  1. Kaum Muslimin dan Muslimat ;
    1. Sambut Bulan Suci Ramadhan , bulan yang penuh berkah dengan rasa syukur kepada Allah SWT seraya membersihkan diri dari kotoran, noda dan dosa.
    2. Laksanakan Puasa Ramadhan hanya karena Allah SWT semata, dirikan Shalat Fardu berjama’ah, tarawih, witir, tadarus Al-Quran dan I’tikaf di Masjid.
    3. Tingkatkan ibadah sosial serta perbanyak Infaq, sadaqah dan membayar zakat sehingga terwujud kesejahteraan yang merata, dalam rangka mengentaskan kemiskinan.
    4. Manfaatkan ibadah puasa, sebagai wahana untuk melatih rohani dan jasmani, dalam membangun manusia yang utuh dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan umat, yang beriman, bertaqwa, sehat lahir dan bathin, berbudi luhur dan harmonis berhubungan antar sesama.
    5. Penentuan awal Ramadhan (1 Ramadhan 1440 H), dan Hari Raya Idul Fitri (1 Syawal 1440 H), Supaya mengikuti pengumuman dari Menteri Agama Republik Indonesia.
  2. Pengurus Masjid dan Mushalla ;
    Hidupkan Shalat berjamaah & Tarawih di bulan Suci Ramadhan, dengan syiar dan persatuan umat.
  3. Para Remaja Muslim ;
    Perbanyaklah Tadarus Al-Quran dalam bulan suci Ramadhan ini, dan bagi yang belum bisa membaca Al-Quran dengan lancar, belajarlah dengan metode yang sesuai dan tepat.
  4. Alim Ulama, Cendikiawan Muslim & Para Mubaligh / Mubalighat ;
    Manfaatkan Bulan Suci Ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan Da’wah islamiyah, Meningkatkan ilmu pengetahuan, penghayatan, pendalaman serta pengamalan agama Islam, Sehingga Kaum Muslimin dan Muslimat benar-benar dapat menjadi orang yang bertaqwa.
  5. Para Pemimpin pemerintah, Aparat Penegak Hukum / TNI ;
    1. Mencegah dan memberantas perjudian, dan tempat maksiat yang sangat meresahkan umat, sehingga dapat memberikan kesejukan kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah.
    2. Membantu sepenuhnya pelaksanaan himbauan ini dengan bentuk partisipasi aktif dan bijaksana dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga pelaksanaanibadah puasa tahun 1440 H / 2019 M ini dapat berjalan dengan baik, tertib, dan aman.
  6. Pemilik Rumah Makan Dan Restoran ;
    Supaya menjaga ketertiban dan menghormati Saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan Ibadah Puasa dengan menutup kedai atau warung pada siang hari.
  7. Saudara – saudara Non Muslim ;
    Hormatilah saudara -saudara kita yang sedang melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan, dan Ibadah lainnya, dengan menjauhi sikap dan perbuatan yang dapat menyinggung perasaan, serta berupaya menjaga kerukunan hidup antar beragama  secara keseluruhan, dalam rangka memelihara kesatuan dan persatuan bangsa.

Pangkalan Kerinci, 25 April 2019

                                                                                 BUPATI PELALAWAN
                                                                                 dto
                                                                                H.M HARRIS