Wakil Bupati Pelalawan Hadiri Rakor P3DN dan Sosialisasi UU HKPD

  • Post comments:0 Comments
You are currently viewing Wakil Bupati Pelalawan Hadiri Rakor P3DN dan Sosialisasi UU HKPD

Pekabaru, Mediacenter РWakil Bupati Pelalawan H. Nasarudin, S.H.,M.H menghadiri rapat koordinasi (rakor) Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dan pendampingan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Riau, dan tindak lanjut sosialisasi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (HKPD) yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si.  Rakor dilaksanakan di Gedung Daerah di Balai Serindit Gubernuran Riau, Kamis (31/03/2022)

Rakor ini merupakan tindak lanjut inisiasi Pemerintah Indonesia dalam peningkatan, pemulihan, dan pemanfataan produk dalam negeri, sekaligus menyukseskan program Bangga Buatan Indonesia (BBI). P3DN adalah salah satu upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan produk dalam negeri daripada menggunakan produk impor sehingga dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

Sebagai instrumen pelaksanaan P3DN, Pemerintah telah menerbitkan PP 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri yang di dalamnya mengatur mengenai kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Sektor industri menjadi penggerak perekonomian yang menjadikan Indonesia sebagai negara produsen bukan importir, sehingga dapat membuka kesempatan berusaha dan bekerja, serta memiliki daya kekuatan untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan ketahanan nasional. Produsen dalam negeri ataupun pejabat pengadaan barang dan jasa didorong untuk mengikuti ketentuan TKDN tersebut.

Wakil Bupati Pelalawan H. Nasarudin, S.H., M.H menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Pelalawan untuk mendukung produk dalam negeri dengan lebih banyak menggunakan produk buatan lokal daripada produk impor agar program Bangga Buatan Indonesia bisa disukseskan bersama.

Turut hadir dalam rakor ini Sekda Kabupaten Pelalawan Tengku Mukhlis, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pelalawan Abu Bakar FE, S.Sos.,M.A.P, Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan Asril, M.Kes, Kepala OPD terkait se-Provinsi Riau.

Leave a Reply