Bupati Pelalawan Hadir dan Menjadi Narasumber RAKERDA Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Riau

  • Post comments:0 Comments
You are currently viewing Bupati Pelalawan Hadir dan Menjadi Narasumber RAKERDA Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Riau

Pelalawan, Infopublik – Bupati Pelalawan H. Zukri menghadiri dan menjadi narasumber pada Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Riau di Ball Room Premiere Hotel Pekanbaru, Senin (29/08/2022).

Rakerda dibuka langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang-Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Sunraizal didampingi Kapolda Riau Irjend M. Iqbal, Wakajati Riau Akmal Abbas, Kepala Kanwil BPN Provinsi Riau M. Syahrir, serta Bupati/ Walikota se-Provinsi Riau yang ditandai dengan pemukulan gong. Adapun tema Rakerda ini yaitu “Memperkuat Integritas Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Penanganan Kejahatan Pertanahan”.

Dalam sambutannya Sunraizal menyampaikan bahwa Raker ini dilakukan untuk meningkatkan realisasi anggaran pada triwulan ke 2 dan kualitas data program PTSL Tahun 2022.

“Untuk triwulan ke 2 ini kita harapkan dapat mencapai 40% untuk kegiatan seluruhnya di Provinsi Riau, oleh karena itu perlu kita persiapkan langkah-langkah apa yang akan kita lakukan dan kendala apa yang mungkin akan kita hadapi” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau, M. Syahrir dalam Rakerda ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kejaksaan Tinggi Riau dan Polda Riau atas dukungannya terhadap kelancaran pelaksanaan Program Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Riau, terutama pada pembangunan jalan tol. M. Syahrir juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, terutama kepada Pemerintah Kota Pekanbaru, Pemerintah Kota Dumai Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang telah memberikan keringanan pembayaran PNBP dan BPHTB dalam pembuatan sertifikat tanah pertama kali.

Selanjutnya M.Syahrir menghimbau kepada seluruh Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di Provinsi Riau untuk dapat melakukan stock opname terhadap pelaksanaan program PTSL dari Tahun 2017 hingga 2021 bagi yang mendapat hambatan, kendala, dan masalah yang dihadapi kemudian dapat ditindaklanjuti dengan baik.

Bupati Pelalawan H. Zukri yang turut hadir dalam Rakerda ini juga ditunjuk sebagai salah satu narasumber terkait dengan tingginya pencapaian penyerahan sertifikat PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Kabupaten Pelalawan. Dalam Rakerda ini Bupati H. Zukri meminta kepada BPN untuk memberikan keringanan biaya bahkan menggratiskan biaya kepada masyarakat dalam kepengurusan sertifikat PTSL agar semakin banyak masyarakat yang mau mengurus sertifikat tanahnya terutama di Kabupaten Pelalawan.

Selain membahas terkait pertanahan di Kabupaten Pelalawan, Bupati H. Zukri juga menyampaikan adanya lonjakan penerimaan pajak daerah pada Tahun 2022, yang mana pada Tahun 2021 sekitar Rp 6 miliar, maka pada tahun 2022 menjadi Rp 8 miliar. Meningkatnya perolehan pendapatan daerah melalui sektor pajak ini lanjut H. Zukri tentunya dengan usaha dan kerja keras Pemerintah Daerah.

“Hal ini tentunya tidak lepas dari kerja keras Pemerintah Daerah untuk dapat membuat masyarakat taat pajak, salah satunya dengan membuat kebijakan dengan memberikan potongan atau diskon sebesar 50 persen kepada masyarakat wajib pajak. Selain memberi potongan terhadap wajib pajak, faktor lainnya adalah dari tingkat ekonomi masyarakat yang mulai membaik, pada saat tersebut harga sawit dalam keadaan tinggi, tentunya menambah sempurna kebijakan pemerintah.” paparnya.

Di penghujung acara, Pemerintah Kabupaten Pelalawan mendapat apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau M. Syahrir terkait mendaftaran dan pemetaan tanah, yakni atas dukungannya terhadap menjalankan program strategis nasional PTSL.
Selanjutnya Syahrir meminta juga kepada seluruh Kepala Daerah di Provinsi Riau agar mencontoh dari Kabupaten Pelalawan dalam menyukseskan program strategis tersebut, dan ditargetkan Provinsi Riau untuk di Indonesia dapat menjadi yang pertama kali yang tanahnya terdaftar semua.  

Hadir mendampingi Bupati Pelalawan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Ir. Arizal, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan Hendry Gunawan, AP., Kepala BKPAD Kabupaten Pelalawan Davidson, S.H., M.H., Kepala DLH Kabupaten Pelalawan Eko Novitra, S.T., M.Si.

Leave a Reply